• Paulus Wiratno

APA YANG PALING BERHARGA?

Seorang pemimpin yang berhasil pernah menulis, ‘beda musim kehidupan beda pengharapan’. Demikian juga dengan apa yang paling utama dalam hidup akan berjalan seirama dengan usia. Waktu duduk di bangku kuliah, yang utama saat itu adalah menjadi mahasiswa yang berhasil, lulus terbaik dan segera mendapatkan pekerjaan. Masa itu hidup habis untuk meraih prestasi, naik jabatan, dapat tunjangan, dipromosikan dan aman secara finansial.


Pastor Larry Stockstil berkata, dihari tua nanti yang paling berharga adalah hubungan pernikahan, kesehatan dan meninggalkan warisan iman kepada anak cucu dan generasi yang berikutnya. Untuk itu sudah saatnya setiap pemimpin mulai memikirkan ‘hidup anda mau berakhir seperti apa’?


Jangan meniru raja Saul, hidupnya habis untuk melampiaskan dendam, mengumbar kemarahan dan menghabisi orang orang yang dianghap sebagai ancaman. Jangan juga seperti raja Daud. Ia memulai dengan sangat cemerlang namun mengakhiri dengan kisah yang kurang sedap karena tidak bisa menaklukan nafsu mata keranjangnya. Jangan pula seperti raja Uzia yang didera penyakit lepra di ujung kehidupannya lantaran membiarkan kesombongan menguasai hatinya.


Kualitas masa tua tergantung dari apa yang kita anggap paling utama. Jika kita menjadikan pernikahan sebagai yang utama, setelah hubungan dengan Allah maka berbahagialah anda. Karena anda ada dalam track yang benar dan sesuai dengan rencana Allah. Alkitab mengatakan siapa yang menyusahkan keluarganya akan menuai badai di masa tuanya. “Orang yang menyusahkan rumah tangganya, akan kehilangan segala-galanya. Orang bodoh akan melayani orang yang bijaksana.”



Pendeta Bron Clinford harus menerima kenyataan pahit di masa tuanya. Pelayanan yang di bangun bertahun tahun harus ditinggalkannya. Ia mati mengenaskan dalam keadaan mabok, ditingalkan istri serta anak anaknya. Semua karena salah ‘paradigma’. Ia melayani Yesus tanpa menyertakan Yesus. Ia melayani demi keluarga tetapi justru menelantarkan keluarga. Apa yang paling berharga dalam hidup anda?

0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com