• Paulus Wiratno

ARTI MENGAMPUNI

Mengampuni bukan sekedar mengucapkan kata ‘aku memaafkan’. Mengampuni melibatkan keperusan hati yang dilandasi oleh keyakinan. Dalam bahasa Ingrris, kata mengampuni asalah ‘to send it away’ atau to ‘let it go”. Waktu saya mengampuni saya membiarkan rasa jengkel, dendam dan amarah pergi. Waktu memaafkan artinya aku membuang semua keinginan membalas dendam. 


Dimanakah keyakinan berperan? Saat aku membiarkan Allah yang melakukan pembalasan. Karena aku percaya kebenaran tang mengatakan ‘pembalasan adalah haknya Tuhan’. Bagianku hanyalah melepaskan pengampunan membersihkan hati dari semua racun kepahitan.


Menyimpan amarah sama seja dengan menyimpan racun yang bisa membawa kematian. Saat anda tidak bersedia memaafkan, sama seperti anda meneguk racun serangga. Siapa yang akan celaka? Yang menjual racun atau yang meminum racun? Anda tahu jawabannya. Yang paling dirugikan adalah yang tidak memaafkan bukan yang membuat kesalahan. 


Survey membuktikan, anda marah 5 menit saja, organ yang memproduksi kekebalan tubuh macet 6 jam. Artinya, saat anda marah anda akan kehilangan kekebalan tubuh. Makanya orang yang sering marah pasti gampang terserang penyakit. Kalau tidak percaya, marahlah senantiasa selama tiga bulan, pasti anda akan sering mengunjungi dokter atau opname di rumah sakit.


Nabi Ayub pernah mengatakan bahwa orang yang bodoh akan mati karena sakit hati. Menyimpan amarah dan tidak memberi maaf adalah sebuah kebodohan. Oleh karena itu ikutilah nasehat rasul Paulus. “Hilangkanlah segala perasaan sakit hati, dendam dan marah. Jangan lagi berteriak-teriak dan memaki-maki. Jangan lagi ada perasaan benci atau perasaan lain semacam itu. Selamat mengampuni, selamat Idul Fitri.





263 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com