• Paulus Wiratno

BAHAYA KEKUATIRAN

Pertanyaan ini harus di jawab san direnungkan dengan baik “Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?”. Inilah salah satu pertanyaan retorika. Kita semua tahu jawabannya. “Tidak ada orang yang hatinya selalu kuatir dan panjang hidupnya. Artinya kuatir itu berdampak buruk terhadap kesehatan dan lamanya hidup.


KUATIR MENDATANGKAN PENYAKIT

Seorang mantan kepala rumah sakit umum di Amerika pernah meneliti 2.000 pasien yang oernah opname. Hasil penelitian dokter Edward Polozky menunjukan adanya korelasj yang sangat kuat antara kuatir dan penyakit dalam tubuh kita. Orang yang kuatir hampang sakit kepala, mag, tekanan darah tinggi, stroke hingga kanker. Hasil penelitian ini langsung menjawab pertanyaan Tuhan Yesus. Jangan heran jika Tuhan Yesus secara khusus memberikan khotbah bertopik jangan kuatir dalam injil Lukas pasal 12.


MELUPAKAN APA YANG PENTING

Ada benerapa bahaya kuatir selain kematian. Kuatir membuat kita lupa prioritas atau kehilangan fokus. “Hidup adalah lebih dari makanan, dan badan lebih dari pakaian.” Kuatir membuat kita mengutamakan asesori bukan esensi kehidupan. Kecemasan membuat kita lupa apa yang utama demi sesuatu yang sifatnya sementara. Kuatir sering membuat manusia berfokus pada ‘kini dan di sini’. Kita lupa bahwa kehidupan punya nilai kekal hang harus diberi perhatian.


KUATIIR MEMBUNUH KENENARAN

Benih yang jatuh di semak semak itu tumbuh sebentar kemudian mati terhimpit oleh ilalang. Kekuatiran membut kebenaran menjadi lumpuh dan mati. Gara gara takut kekurangan orang bisa melanggar firman ‘jangan korupsi, manipulasi atau ngapusi’. Percuma menyanyikan laku ‘aku tidak kuatir burung di udara Dia pelihara’ jika kita tidak hidup di atas firman yang mengatakan ‘serhakanlah segala kuatirmu kepada Allah karena dialah yang mempedulikan kamu...”


KUATIR ITU MELECEHKAN KUASA TUHAN

Saat kita kuagir kita sedang meragukan kuasa dan kemampuan Tuhan untuk memelihara dan mencukukupkan kita. “Perhatikanlah burung-burung gagak! Mereka tidak menanam, tidak menuai, tidak juga mempunyai gudang atau lumbung. Tetapi Allah memelihara mereka! Kalian jauh lebih berharga daripada burung-burung!”


KALAHKAN KUATIR DENGAN IMAN

Bukankah meragukan kuasa Tuhan sama seperti tidak percaya kepada Tuhan? Waspadai kekiatiran dalam hidup anda dan segera diselesaikan. Cara paling jitu untuk mengusir

kekuatiran adalah meningkatkan kekuatan iman. Karena iman dan kuatir itu seperti “timbangan duduk” tukang sayur di pasar. Kalau imannya kuat, kuatir hilang. Kalau kuatir yang kuat, imannya yang tidak berdaya. Waspadai kuatir dalam hidup anda sekerang juga.




0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com