• Paulus Wiratno

BAHAYA RASA TAKUT

Rasa takut yang berlebihan bisa membunuh iman. Saat pikiran dikuasai oleh ketakutan itulah tanda bahwa iman kita tidak bekerja. Iman dan takut tidak bisa berjalan bersama sama. Saat iman kuat , rasa takut akan hilang dengan sendirinya. Sebaliknya, saat takut menguasai pikiran, iman lenyap seketika.

Allah tidak mau kita hidup dalam ketakutan, itulah sebabnya Kitab Suci mencatat ada banyak perintah ‘jangan takut’. Konon ada yang pernah menyelidiki kitab suci dan menemukan ada lebih dari 365 ayat yang mengatakan ‘Jangan takut’. Itu artinya setiap hari kita punya landasan dan alasan untuk tidak hidup dalam ketakutan.

MELUMPUHKAN KREATIVITAS

Rasa takut bukan hanya membunuh iman, rasa takut juga bisa melumpuhkan kreatifitas. Gara gara takut gagal dan takut kalah. Gideon bersembunyi di gubuk pemerasan anggur. Ia tidak menyadari bahwa di dalam dirinya ada jiwa dan karunia kepemimpinan yang luar biasa. Rasa takut di dalam dirinya telah mengubur jiwa pahlawan yang gagah perkasa.

Berapa banyak potensi kreatifitas yang ikut terkubur dalam tanah gara gara rasa takut?


MERAMPOK SUKACITA

Rasa takut juga bisa merampok sukacita kehidupan hari ini. Gara gara takut ditolak cintanya, Cahyono lebih memilih menjadi ‘perjaka tua’. Ia tidak ingin hidupnya menderita seperti mbah Ngadiyo yang dikhianati oleh istrinya. Kini Cahyono hidup sendiri dalam sepi. Tiap hari duduk di pinggir sungai sambil menatap air yang mengalir. Raut muka penuh kecewa, tatap mata penuh derita dan tidak ada senyum sukacita.


TAKUT MENGHADAPI MASA DEPAN

Rasa takut juga bisa membuat orang tidak berani menatap hari esok. Rasa takut membunuh harapan masa depan. Mereka yang kehilangan harapan akan kehilangan gairah kehidupan. Hidup ini baru bisa dikatakan hidup saat kita memiliki harapan. Itulah sebabnya hidup tanpa harapan adalah hidup paling membosankan.

Kitab suci mengajarkan bahwa orang yang paling diberkati adalah orang yang mengandalkan Tuhan. Dan orang yang imannya kuat adalah orang berbahagia. Kualitas kehidupan sangat tergantung dari kualitas iman. Semakin kuat iman semakin bahagia hidup kita. Sebaliknya, semakin banyak ketakutan semakin banyak kegagalan.



110 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com