LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

BEBAN HIDUP BERSANDIWARA

Ada yang pernah bilang jika hidup berpura pura itu bagaikan topeng monyet. Semuanya serba ‘lelucon’ untuk menghibur penonton. ‘Sarimin pergi kepasar’, monyet langsung mengambil tas dan payung jalan satu menit kemudian berganti peran. Kenyataannya, sang monyet tidak pernah sampai di pasar. Sungguh kasihan, hidup sekali hanya berpura pura setiap hari.


Cobalah bertemu ‘Sarimin’ dan bertanya ‘apakah hidupnya bahagia?’. Ia pasti diam dan tidak akan berbicara, karena ia hanya seekor kera. Seharusnya berada dihabitatnya, bergabung dengan kawan kawan di hutan belantara. Pernahoah ia bercita cita cita menjadi entertainer? Semua itu karena ia terjebak dalam ‘keserakahan’ majikannya.


Pelajaran yang baik bagi kita semua. Menjalan hidup diluar tujuan dan panggilan hidup adalah kegagalan. Setiap hari melakukan apa kata orang, bukan apa kata hati akan membuat kuta kehilangan jati diri. Hasilnya adalah hidup pura pura. Tidak menjadi diri sendiri adalah pengingkaran terhadap hidup.


Berpura pura itu dusta. Sumbernya hati yang tidak jujur dengan tujuan kejahatan. “Hendaklah wajahmu memancarkan kejujuran hatimu; tak perlu engkau berlaku seolah-olah ada udang di balik batu.” Wasapadalah...

113 views