LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

BEMBUANG DENDAM



Salah satu rahasia keberhasilan dan kehebatan Yusuf Bin Yakub adalah ‘membuang kepahitan’. Ia mengetahui jika menyimpan dendam itu sama saja seperti memikul beban yang bukan miliknya. Sama seperti mendaki bukit dengan menggendong ransel, namun setelah sampai di tujuan, ternyata ransel tersebut adalah milik orang lain.


Bicara mengenai kepahitan dan dendam, Yusuf punya daftar orang yang telah melukai batinnya sejak kecil hingga masa remaja. Mulai dari saudara saudaranya, mantan majikan hingga teman senasib dalam penjara. Namun anak Yakub ini memang ahli dalam mengelola hati. Ia tidak mau mengotori jiwa dengan luka batinnya.


Ia tahu bahwa menyimpan kepahitan sama dengan meminum racun serangga. Yang akan celaka bukan yang menjual racun tetapi yang meminunnya. Lambat atau cepat, racun itu akan merusak tubuh dan menghilangkan nyawa. Demikian juga dengan kepahitan, ia akan merampok sukacita, menjadi penghalang doa, membunuh hubungan dan merintangi perjalanan menuju akhir kehidupan yang sudah direncanakan.


Yusuf tahu bahwa Allah telah memberikan mimpi baginya untuk menjadi pemimpin dan melahirkan sebuah bangsa yang besar. Ia tidak ingin menggagalkan rencana-Nya yang besar hanya karena kepahitan masa lalu. Yusuf juga tahu bahwa ‘mengasihi’ itu jauh lebih mulia dan produktif daripada membenci.


Untuk mencapai rencana-Nya yang sudah disampaikan melalui mimpi, Allah juga memberi pertolongan kepada Yusuf dengan memberikan kemampuan untuk melupakan orang orang yang bikin susah, dan semua kesulitan yang pernah singgah dalam hidupnya. Untuk mengabadikan pertolongan Tuhan, ia memberi nama anak sulungnya ‘Manasye’ yang artinya Tuhan telah membuat aku lupa.


Anda ingin berhasil meraih masa depan yang gemilang sesuai dengan rencana-Nya? Buanglah semua dendam, kepahitan, geram, niat jahat yang masih bersarang di hati anda. Belajarlah melupakan, jika tidak bisa melupakan, berikanlah pengampunan. Jika belum bisa mengampuni, tolong dibingkai kembali semua masa lalu yang pahit dengan Firman Allah yang indah. Selamat mencoba.


207 views