• Paulus Wiratno

BERKAT ORANG SALEH

Melahirkan Generasi Berpengaruh

Siapa yang tidak ingin anak cucunya berhasil dan menjadi orang berpengaruh di masyarakat? Orang tua sering berdoa agar anak anaknya akan menjadi orang saleh, bisa berguna bagi gereja, bangsa dan sesama. Tidak heran jika banyak orang tua mengirim anaknya ke pesantern,  sekolah ternama, universiteas terbaik,  dengan harapan suatau saat akan menduduki posisi dan menjadi permbuat keputusan yang memberi pengaruh kebaikan. 


Untuk melahirkan generasi yang diberkati yang bisa memberkati cukup dengan menjadi orang tua yang ‘takut akan allah, dan hidup dalam kebenaran Firman Allah. Seperti yang tertulis dalam kitab Mazmur pasal 112 ayat 1-2. "Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.


Perhatikan kata  ‘perkasa’  atau ‘mighty’. Berkat orang tua yang saleh adalah generasi yang ‘perkasa’ atau ‘gibbor’. Dalam bahasa Ibrani, kata גִּבֹּר gibbōr berarti  brave, strong, mighty (berani, kuat,atau perkasa). Allah sering disebut sebagai ‘Almighty One” atau yang Maha Kuasa.  


Kata gibor juga dipakai untuk menggambarkan "the Child born to rule and govern God’s kingdom as Mighty God”, seorang anak yang dilahirkan untuk memerintah atau berkuasa. (Yeasa. 9:6) Selain itu, kata yang sama juga menggambarkan kekuatan bala tentara sorgawi yang luar biasa. "Angels are depicted as mighty in strength (Maz. 103:20). 


Janji kitab suci,  keturunan orang saleh akan diberkati dengan keberanian, kekuatan, kekuasaan dan pengaruh positif bagi masyarakat. Adakah contoh dalam kehidupan nyata? Ada. Saya sendiri baru menyaksikan keluarga orang saleh.  Minggu lalu saya menghadiri acara perayaan ulang tahun pelayanan ke 50 Pdt. Larry Stockstill dan ibu Melany. Mereka berdua adalah  pemimpin gereja Bethany Church Baton Rouge,  sekaligus bapak rohani bagi banyak hamba Tuhan. Hampir semua anak anaknya melayani Tuhan, demikian juga anak- anak rohaninya menggembalakan gereja yang cukup besar dan berpengaruh di Amerika dan dunia. 


Ketika satu persatu anak rohani diminta memberikan kesan dan pesan, hampir semua menyampaikan betapa luar biasa pengaruh keteladanan hidup seorang ayah untuk anak anaknya. Pastor Chris Hodges sala satu anak rohaninya mengatakan jika kesalehan, kejujuran, pendeta Larry telah membentuk sikap hidupnya. Keberhasilan Chris Hodges menggembalakan jemaat terbesar di Alabama sangat dipengaruhi oleh keteladanan dan kesalehan orang tua rohaninya. 


Pengauh kehidupan pastor Larry Stockstill juga dirasakan oleh warga kota Baton Rouge. Itu semua terbukti dari sambutan sang Wali Kota pada acara jamuan makan siang. Ibu wali kota tidak hanya memberikan ucapan terima kasih, tetapi juga memberikan piagam penghargaan atas kehidupan dan pengaruh pak Larry dan ibu Melany. Menyaksikan semua itu, timbul sebuah niat dalam hati. “Ya Allah jadikanlah aku seorang ayah yang bisa melahirkan generasi yang berani, berpengaruh dan berdampak bagi masyarakatnya.” Amen.




58 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com