• Paulus Wiratno

CINTA KASIH KUALITAS SORGA

Updated: Sep 3, 2019

Ada cinta kualitas sorga yang memiliki kekuatan dasyat bagi umat manusia. Inilah cinta ‘agape’ yang merupakan cinta kasih ilahi. Cinta yang tidak memandang rupa, harta, bahkan dosa. Agape sering disebut dengan cinta tanpa syarat atau ‘cinta walaupun’. “Walaupun kamu menyakitkan, aku tetap mencintaimu. Walaupun kamu lumpuh karena stroke, aku tidak akan meninggalkanmu...”


Cinta jenis ini sudah dibuktikan sendiri oleh Yesus selama melayani di dunia. Cinta kasih menjadi motivator utama pelayanan-Nya. Tanpa merasa risih menyentuh orang kusta atau makan dengan pemungut cukai. Ia tidak pernah membedakan manusia berdasarkan kasta, ras, agama dan status ekonomi. Ia sendiri menjadi bukti dari hukum kehidupan yang dia ajarkan ‘Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dan kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri.”


Kasih agape membuat Yesus tidak canggung bertemu dengan pemfitnah, penghina, pendusta dan bahkan pengkhianat. Yang sangat luar bisa, Yesus telah mengambil inisiatif untuk bertemu pengkhianat bernama Simon Petrus dan makan bersamanya. Luar biasa. Jujur saja, aku belum bisa menjalaninya dan sedang belajar menerapkannya.


Kasih ‘agape’ bukan hanya kasih tanpa syarat tetapi juga kasih yang mampu mengampuni dan melupkan semua kesalahan. Di atas kayu salib sambil memandangi dua penjahat, para algojo Romawi dan tua tua Yahudi Ia berkata “Ya Bapa, ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”


Cinta kualitas sorga yang dibuktikan di bukit Golgota merupakan cinta yang harus dipahami dan dihayati oleh semua pengikut Yesus. Seandainya semua pengikut Yesus bisa menjalank hidup dengan kasih agapae, dunia ini telah menjadi tempat yang bahagia dan penuh damai. Sayangnya, cinta agape mudah dikhotbahkan atau diajarkan, namun jarang dipraktekan.


“Hidupmu hendaknya dijiwai oleh kasih, seperti Kristus pun mengasihi kita. Ia mengurbankan diri-Nya untuk kita, sebagai suatu persembahan yang harum dan menyenangkan hati Allah.” Efesus 5:2




.

0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com