• Paulus Wiratno

DILIMPAHI REJEKI

Berkah Orang Saleh

Kehidupan orang saleh diwarnai dengan banyak berkah. Selain anak cucunya menjadi generasi yang perkasa di atas bumi, keluarganya dilimpahi dengan rejeki. Ini bukan hasil suvey atau pendapat para pakar. Ini adalah penjelasan dari kitab suci.  


“Pujilah TUHAN! Berbahagialah orang yang takwa, yang suka akan perintah-perintah TUHAN. Anak-anaknya akan berkuasa di negeri ini, keturunan orang baik akan diberkati. Keluarganya akan kaya dan makmur, dan ia akan sejahtera selama-lamanya.”


Ada dua kata yang penting di dalam ayat tersebut  “Wealth and riches shall be in his house.” Kata harta dalam bahasa Ibrani adalah hôn menunjuk paka keuntungan, kepuasan atau rasa cukup (referring to wealth, benefit, substance, enough). Sedangkan kata ‘kekayaan’  adalah . עשֶׁר ‘ōšer yang menunjuk pada jenis kekayaan seperti ternak, tanah, dan anak cucu. (all kinds of wealth in land, possessions, cattle, and descendants).

Luar biasa. Ini janji Tuhan.


Ini bukan pengajaran Injil Kemakmuran. Kitab Mazmur 112 yang mengatakan kalau orang saleh akan dilimpahi dengan berkat ‘kepuasan yang datang dari rasa cukup’ serta harta kekayaan lintas dimensi. Usahanya berhasil, anak cucunya diberkati dan hidupnya berdampak bagi sesamanya. Satu lagi, kemurahan dan kebajikan akan menyertai hidup selama lamanya.  “generosity that never runs dry”


Bukankah semua itu yang dirindukan oleh setiap umat manusia? Hidup yang diberkati dengan keseimbangan. Keseimbangan antara rasa puas dan kepemilikan merupkan berkat yang luar biasa. Apa gunanya punya banyak harta tetapi tidak memiliki rasa puas? Rasa tidak cukup bisa menjadi penjara bagi orang serakah. Merekalah yang tega merampok uang rakyat dan menyengsarakan banyak orang. Hanya rasa cukup yang bisa membuat hati kelimpahan. Dan mereka yang hidup salam kelimpahan akan menjadi ‘murah hati’ bagi sesamanya.


Orang tua yang saleh tidak hidup untuk harta. Mereka hidup untuk kerajaan Allah. Dan ketika kita memprioritaskan kerajaan Allah maka ‘semua yang lain’ akan ditambahkannya. Benarlah apa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus.  


“Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu. Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.”


0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com