• Paulus Wiratno

GEJALA SAKIT HATI

Sampai hari ini belum ada apotik yang menjual obat sakit hati. Juga belum ada dokter spesialis pengobatan sakit hati. Namun trend menunjukan adanya peningkatan jumlah orang yang sakit hati setiap hari. Itu terbukti dari jumlah lagu baru yang bertopik sakit hati meningkat secara tajam. ‘Sakitnya tu di sini di dalam hatiku...’


Menurut salah satu lagu dangdut, sakit hati itu lebih berbahaya dari pada sakit gigi. Dampak negatif sakit hati memang sangat serius. Sakit hati bisa merusak pernikahan, menghancurkan persahabatan, bahkan membunuh karakter dan nyawa orang lain. Gara gara sakit hati seorang ibu bisa membakar tubuh suami atau mencelakakan diri sendiri. Dalam organisasi keagamaan, pemimpin yang sakit hati bisa mengeksploitasi umat dan ayat firman untuk ego dan ambisi pribadi yang memalukan.


Untuk itu wasapadalah dan kenalilah gejala sakit hati dalam hidup anda. Berikut ini adalah gejala yang paling mudah dideteksi saat anda menesita sakit hati.

https://youtu.be/2jsA5Ch0ThQ


EMOSI TIDAK STABIL

Orang yang terluka hatinya cenderung mudah marah. Sorot matanya redup dan muka sedikit kurang bersahabat. Meski bisa tersenyum, tetapi dibalik senyum menyimpan dendam. Bawaanya emosi, suara melengking tinggi. Kesukaannya nggebrak pintu atau banting piring. Sulit didekati. Baru saja tersenyum ramah, tiba tiba marah marah nyamuk yang nakal atau mendengar tikus kentut.


SULIT BERDOA

Hati yang sakit membuat doa doa kita membentur langit langit. Makanya selesaikan dulu masalah sakit hati sebelum datang ke rumah Tuhan untuk berbakti. Jika tidak, nanti disuruh pulang oleh Tuhan untuk membereskan persoalan. Dalam keadaan terluka, sulit sekali menaikan pujian dan penyembahan. Konsentrasi pikiran masih berpusat pada ego, makanya sulit memilirkan kebenaran Firman. Jika mereka datang beribadah di gereja, tubuhnya ada di sana tetapi rohnya mengembara melanglang buana.


SULIT TIDUR

Biasanya orang yang sedang sakit hati akan mengalami kesulitan untuk tidur. Matanya bisa terpejam tetapi pikirannya terus bekerja mencari cara untuk melampiaskan dendam. Tidak heran jika pikiran bekerja keras untuk menafsirkan semua keadaan demi menemukan kata kata tajam yang bisa dipakai untuk menyerang. Hati yang sedang gelisah susah berserah. Yang ada hanyalah resah dan mencari cari masalah.


NAFSU MAKAN BERKURANG

Hati yang pahit, membuat lidah ikut pahit. Makanya selera makan menurun. Tidak heran jika asupan gizi mulai berkurang. Akibatnya mudah terserang penyakit mag, kepala puyeng, tekanan darah tinggi hingga kanker hati. Maka waspadailah sakit hati dalam diri anda. Ingat apa kata masehat kuno ‘hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang’.


Kegagalan mengenali sakit hati bisa berakibat fatal untuk diri sendiri. Menyimpan kepahitan itu seperti meminum racun serangga. Kematian adakah akibatnya. Nabi Ayub pernah berkata “Orang bodoh mati karena sakit hati. Orang bebal mati karena iri hati”. Cepat cepat periksa hati anda.





388 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com