LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

HIDUP DALAM SUKACITA

Ternyata untuk bersukacita tidak harus menunggu semua harapan jadi kenyataan. Saat kita berharap, sudah berhak mengalami sukacita di dalam hati. “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!” Orang yang harapan hidupnya kuat, wajahnya lebih ceria dari oada mereka yang tenggelam dalam putus asa. Coba lihat wajahmu di depan cermin, ada sukacita?


Hubungan antara harapan dan sukacita sangat erat sekali. Karena sukacita bersumber dari dalam hati atau produk dari Roh Allah, maka sukacita ilahi tidak tergantung dari keadaan eksternal. Anda bisa bersukacita saat berada di dalam derita. Para rasul bisa menyanyi saat berada di dalam penjara. Nabi Ayub bisa memuji saat kehilangan harta milik dan anak anak yang dicintainya.


Penghararapan melahirkan sukacita, dan sukacita menghasilkan gairan kehidupan atau semangat hidup. Kitab Amsal berkata “Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia.” Harapan orang benar selalu didasarkan atas kebenaran bukan hoax atau kepalsuan. Berharap kepada Allah dan firman-Nya tidak pernah mengecewakan. “Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.”


Kewajiban kita adalah hidup dalam firman dan ijinkan Roh Allah mengerjakan kebenaran menghasilkan buah kehidupan, maka harapan akan selalu tumbuh di hati dan sukacita akan menghiasi wajah kita. Sukacita sorga berdampak pada kinerja dan produktivitas di tempat kerja atau pelayanan. Oleh karena itu usahakanlan untuk selalu bersukacita dalam segala perkara dengan menumbuhkan harapan.


“Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”





79 views