LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

JANGAN BERSANDIWARA

Menjaga integritas menghasilkan Kehidupan yang utuh. “Reputasi adalah apa yang dipikirkan orang tentang kita. Integritas adalah yang sesungguhnya.” Filsuf Yunani, Socrates, pernah berkata, “Kunci pertama menuju kejayaan adalah berada dalam kenyataan sebagaimana kita terlihat.”


Orang selalu berjuang dengan keinginan untuk terlihat lebih baik daripada yang sebenarnya sering memaksa kita hidup berpura pura. Hidup bersandiwara akan membuang jati diri yang sebenarnya. Hasilnya asalah stress, dipresi dan kehilangan sukacita. Aku masih ingat waktu “menyimpan kebohongan” selesai mencuri salak mbah Renteng. Akibatnya hampir mati karena ketakutan. Untung saja temanku Firman memberiku pertolongan. Sungguh pengalaman ‘sandiwara’ yang tidak pernah terlupa.


Hidup berpura-pura tidak memberikan kepuasan. Di saat kita berlaku seperti salah satu tipe orang di satu situasi, dan menjadi orang yang benar-benar berbeda di situasi lain, kita sedang menipu diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Kebutuhan untuk tetap berpura-pura menyebabkan stres dan kecemasan. Menjadi penipu melukai harga diri dan kredibilitas kita.


Lebih baik menghargai keaslian daripada penampilan. Lebih baik memiliki hati dalam melakukan hal yang benar, bahkan jika itu merupakan suatu perjuangan. Lebih baik untuk mengakui kesalahan kita, meminta maaf, dan mencoba kembali melakukan apa yang kita tahu benar. Selalu ada harapan bagi orang yang ingin hidup dengan integritas, bahkan ketika mereka gagal.


John C. Maxwell menggambarkan integritas sebagai “siapa diri Anda saat tidak ada orang yang melihat.” Itulah yang harus kita semua perjuangkan — melakukan hal yang benar, di mana pun kita. Selamat menjadi pribadi yang utuh dan bebas dari sandiwara.






388 views