• Paulus Wiratno

JUJUR MUJUR


Ada yang pernah bilang ‘orang jujur pasti hancur lebur’ namun Allah berkata sebaliknya. Salam kitab Zabur 55:22 “Serahkanlah kekhawatiranmu kepada TUHAN, maka Ia akan menopang engkau; sebab orang jujur tidak dibiarkan-Nya dikalahkan.” Fakta sering membuktikan orang yang tidak jujur pasti akan hancur.


Ada orang yang pernah menghiasi media cetak dan elektronik. Ia pernah menjadi ‘ikon’ sebuah gerakan nasional. Dengan begitu lantang menyerukan ‘Katakan tidak pada korupsi”. Wow... akupun kagum, terpesona sambil bertanya tanya. Eh lhadalah, tiba tiba wajah wajah yang menghiasi televisi itu sekarang menghiasi ruang penjara. Makanya kalau ngomong harus diselaraskan hati dengan nurani, supaya batin ini tidak konslet.


Lalu bagaimana nasib mereka? Teputasi lenyap diletan bumi, hancur dan dan terkubur. Pelajaran bagi kita semua! Sehebat hebatnya orang bohong, masih tetap lebih hebat orang jujur. Meski tidak pernah masuk tv atau koran. Waktu mati masih bisa mewariskan nama baik. Seburuk buruknya orang jujur, masih jauh lebih buruk nasib pembohong. Jangan kaget jika pemazmur berkata


“Tetapi Engkau, ya Allah, akan menjebloskan mereka ke dalam lubang yang paling dalam. Para penipu dan penumpah darah tak akan mencapai separuh umur mereka. Tetapi aku percaya kepada-Mu.”


Mbah Sami, neneku suka bilang “wong jujur kuwi uripe mesti mujur” nasehat yang terdengar kuno ternyata berlaku sepanjang masa dan benar untuk jadi pegangan hidup dimana mana. Kowe ojo lali yo le.


0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com