LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

KEMULIAAN TEMPAT SAMPAH

Ia tidak pernah dihargai meski diperlukan. Tanpa kehadirannya semua akan kelihatan berantakan dan menjijikan. Seandainya ia bisa lari, mungkin sudah pergi dari tempatnya sekarang ini. Coba bayangkan, setiap hari yang ia dapatkan hanyalah yang kotor, yang busuk, hancur, yang tertolak dan terusir. Namun demikian ia tetap setia berada pada panggilannya.


Banyak kali ia diperlakukan dengan kasar. Dibanting, ditendang dan seringkali dilemparkan begitu saja. Namun demikian ia tetap diam. Ia tahu persis nasibnya. Ketika seisi rumah mendapat perlakuan yang menyenangkan, ia hanya diam tidak bergeming. Ketika semua yang lain menikmati pesta, ia harus siap siap menanggung beban dan menjadi tempat pembuangan sisa sianya.

Andai ia bisa bicara, mungkin sudah bikin demonstrasi untuk menuntut haknya. Namun sayang, ia tidak bisa. Ia hanya sebuah tempat sampah yang setia berada di sudut rumah. Tanpa kehadirannya, rumah kita akan terlihat kotor dan tidak indah dipandang. Coba saja menjadi tempat sampah dalam sehari, pasti anda akan lari. Bersyukuralah anda tidak diciptakan sebagai tempat sampah.


Masing masing kita telah diciptakan dengan panggilan hidup yang berbeda. Yang menjadi penting bukan ‘siapa kita’ atau ‘apa yang kita raih’. Yang penting adalah ‘apakah kita sudah maksimal menjadi yang seharusnya?’ Sukacita serbuah tempat sampah adalah saat menerima dan menampung sampah dan kotoran lainnya. Sukacita manusia ciptaan Tuhan adalah saat kita bisa melayani Tuhan sesuai dengan panggilan kita.


Menjadi berguna adalah kemuliaan setiap ciptaan. Menjadi maksimal adalah tugas setiap insan. Melakukan apa yang menjadi tugas kehidupan. “Kita adalah ciptaan Allah, dan melalui Kristus Yesus, Allah membentuk kita supaya kita melakukan hal-hal yang baik yang sudah dipersiapkan-Nya untuk kita.”



“God does both the making and saving. He creates each of us by Christ Jesus to join him in the work he does, the good work he has gotten ready for us to do, work we had better be doing

109 views