• Paulus Wiratno

LEBIH BAIK JANGAN BERCERAI

LEBIH BAIK JANGAN BERCERAI

Kalau boleh urun rembug, sebaiknya bapak jangan bercerai. Saya ini anak korban perceraian pak. Menyakitkan, membingungkan, memalukan, meminderkan perasaan. Cobalah tanya kepada anak anak, “setujukah kalian jika mama dan papa bercerai?” Hampir semua anak pasti tidak rela, tidak setuju bahkan marah kalau mendengar orang tuanya mai bercarai.


Anggap saja pernikahan sedang memasuki musim ‘angin puyuh’. Mungkin saja ini adalah ujian terberat yang bapak harus hadapi. Ujian kejujuran bapak lulus, ujian fitnah bapak menang, ujian pelecehan, ancaman pembunuhan bahkan kematian sekalipun bapak bisa mengatakan ‘bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan’. Dan terbukti semboyan dan moto kehidupan bapak telah memberi pencerahan bagi jutaan manusia termasuk saya, pendukung bapak.


Jujur saja, mendengar niat bapak untuk bercerai, aku langsung pusing kepala dan gemetar karena trauma dengan masa kecil yang tidak mengalami pembapakan. Kalau boleh dalam menghadapi situasi pengkhianatan bapak masih memakai moto yang sama ‘hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan’.


Pemahamanku mengatakan bahwa ‘to live is Christ’ artinya selama hidup kita harus memuliakan Kristus dengan cara memiliki pikiran, perasaan dan prilaku Kristus. Waktu Kristus dikhianati dan disakiti oleh orang orang yang dia kasihi, Ia diam tidak balas dendam dan tetap mengasihi bahkan mengunjungi mereka sambil makan bersama.


Ternyata cinta sejati itu memulihkan, menyembuhkan dan mengembalikan ‘gelas yang retak’. Sabar ya pak, dalam situasi yang sulit seperti ini, kita harus pegang erat prinsip kebenaran. Jangan mengambil kepetusan berdasarkan penglihatan atau berasaan. Doaku buat bapak, kiranya damai sejahtera yang melampaui segala akan dan kasih karunia dari sorga akan menguasai dan memerintah kehidupan bapak. Mohon maaf pak, harap jangan tersinggung. Namanya juga saudara seiman, kita wajib saling memngingatkan dan mendoakan. Amen????

25 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com