LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

LUMPUHKANLAH INGATANKU

Cuplikan syair lagu ini ada benarnya meski mengandung bahaya. Mungkin penulis lagu sudah kehabisan kata kata untuk mengekspresikan kejengkelan yang lama bersarang di hati. Yang tersisa hanyalah harapan untuk bisa melupakan kenangan pahit yang melukai jiwa. “Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia. Ku ingin ku lupakannya

Jangan sembunyi.”


Bisa menghapus memori buruk dari pikiran memang menguntungkan. Namun tidak semudah menghapus data dari memori card. Pengalaman buruk sering kali lebih musah terekam dan lama tersimpan. Bahkan ada yang bilang, pikiran ini lebih cepat merekam yang buruk dari pada yang baik. Padahal resikonya cukup berbahaya.


Sadarilah, hati kita adalah mata air kehidupan. Jika mata air menjadi kotor dan pahit, semua akan terkena dampaknya, jiwa, rasa dan raga akan menderita. Mereka yang berhasil memulihkan diri dari luka batin akan diberi ganjaran kedamaian hati.


Salah satu ketrampilan hidup yang harus kita miliki adalah ‘melupakan’ apa yang pahit, getir dan menyakitkan. Jika tidak, hidup akan dicabik cabik oleh masa lalu. Ingatan kita akan mempengaruhi emosi kita. Maka benarlah sikap mabi Yusuf yang sudah berhasil ‘melupakan orang orang hang bikin masalah dan kesulitan yang pernah mendera hidupnya selama lebih dari 13 tahun.


Yusuf berhasil melumpuhkan ingatan akan kesulitan dan mereka yang memusuhinya. Ia juga menyadari bahwa dengan kemampuan sendiri tidak akn mampu melakukannya. Ia sadar benar, hanya alah yang bisa melumpuhkan ingatan ‘bad memory’ dalam hidupnya. Untuk itu tidak heran jika ia semoat mengabadikan strategi hidupnya menjadi nama anak pertamanya yang bernama ‘Manasye’. Menurut kitab suci Kejadian 41:51

Kata Yusuf, "Allah telah membuat saya lupa kepada segala penderitaan saya dan kepada kaum keluarga ayah saya." Karena itu dinamakannya anaknya yang pertama "Manasye".


Anda sedang bergelut dengan ‘bad memory’? Anda sulit tidur, tidak bisa berdoa, sulit konsentrasi bekerja karena luka batin dari masa lalu? Ada kabar baik buat anda. Allah sanggup menolong, menghapus memory dan memulihkan hati anda. Cukup melipat tangan, menutup mata dan katakan “Tuhan Yesus, bantulah aku melupakan dan mengampuni orang orang yang pernah menyakitkan dan mempersulit kehidupan. Amin. Kiranya Tuhan menolong anda semua.



314 views