• Paulus Wiratno

MELAYANI DALAM KELEMAHAN

Updated: Apr 28, 2019

Salah satu murid yang paling saya kagumi adalah Simon Petrus. Nelayan yang berpenampilan kasar itu namanya paling sering disebut sebut dalam kitab suci. Sering kali dia salah ucap dan bahkan salah bertindak. Namun demikian akhir hidupnya sungguh mulia meski mati disalibkan seperti.


Kalau kita semua mau jujur, setiap manusia memiliki kelemahan dalam mengiring dan melayani Yesus. Namun jangan jadikan kelemahan sebagai penghalang untuk kita mengabdi sampai mati.


Salah satu kelemahan Simon adalah suka berkata kata terlalu cepat karena rasa eomosi. Istilahnya suka ‘nyrocos’ tetapi telat mikir. Satu kali ia salah menilai dan mengartikan ucapan Yesus yang bernada prophetic. Akibatnya ia kena marah. "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia." Namun pengalaman itu tidak serta merta mengubah kebiasaannya.


Ucapan paling fatal adalah saat makan bersama Yesus menjelang paskah. Saat Yesus menubuatkan tentang kematian dan pengkhianatan para muurid, Simon Petrus sempat sesumbar “Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." Dalam hitungan jam ia menyangkali Yesus sampai tiga kali. Syukurlah ia kemudian menyesal sambil meneteskan air mata.


Syukurlah, Yesus tidak pernah membuang atau meninggalkan Simon Petrus, meski penuh dengan kelemahan. Sebelum kembali ke sorga, Yesus menyempatkan diri ‘nyambangi’ sang ‘pengkhianat’ dan mengajukan pertanyaan sampai tiga kali ‘Simon anak Yunus, apakah kamu mengasihi aku?” Dengan segenap hati Petrus menjawabnya. Sebuah perjumpaan yang mengubah sisa hidupnya.


Tuhan bisa memakai siapa saja, meski punya kekurangan, kelemahan serta masa lalu yang penuh kegagalan. Yang penting adalah ‘apakah kita mengasihi Dia?’ Motivasi pelayanan yang paling baik adalah ‘love’. Kasih adalah bensin yang paling ampuh dan tahan lama untuk melayani Allah. Apakah anda mengasihi Yesus? Lakukan sesuatu buat mereka yang memerlukan kasih Yesus. Anda punya kelemahan dan pernah gagal dalam menjalani hidup? Jangan menyerah! Tuhan bisa memulihkan hidup. Kabar baik buat kita semua yang pernah gagal “Tuhan lebih tertarik dengan masa depan nasib hidup dari pada sejarah masa lalu anda”. Keep going....



121 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com