• Paulus Wiratno

MEMAHAMI MISTERI ILAHI

Yang namanya ‘hikmat dari atas’ hanya bisa dipahami oleh Dia yang datangnya dari atas juga. Kunjungan Allah ke dalam dunia dengan menjadi manusia merupakan ‘misteri sorga’ yang menjadi rahasia berabad abad lamanya. Dengan pertolongan ‘agen rahasia’ dari sorga, misteri itu akhirnya disingkapkan pada beberapa orang. Salah satunya adalah mantan ‘teroris’ yang anti kaum salibi.


Tidak banyak yang mengenalnya, apalagi saat ia menjabat sebagai Ketua Forum Pembela Yahudi. Saat itu dia mendapatkan surat kuasa dari Dewan Sanhedrin untuk menganiaya, membunuh, dan membakar pengikut Yesus anak tukang kayu dari desa Nazaret. Sudah banyak yang menjadi korban dari kekejamannya. Ia juga sempat menyaksikan kematian serorang murid bernama Stefanus yang mati dirajam batu.


Namun oleh anugerah Allah, pemuda Yahudi yang berguru pada Maha Guru Gamaliel ini akhirnya berjumpa dengan Yesus yang disalib, mati dan bangkit. Perjumpaan di jalan Damaskus membuat dia buta tiga hari. Ternyata, perjumpaan itu telah mengubah mata rohaninya. Yang dulunya anti kaum salibi, menjadi pembela salib dan rela menjadi martir demi berita Injil yang dia beritakan.


Dari pengakuan-Nya, Paulus yang dulu bernama Saulus mengatakan

“Tidak seorang pun dapat menyangkal, betapa besarnya rahasia agama kita: Ia menampakkan diri dalam rupa manusia, dan dinyatakan benar oleh Roh Allah, serta dilihat oleh para malaikat. Beritanya dikumandangkan di antara bangsa-bangsa, dan Ia dipercaya di seluruh dunia dan diangkat ke surga.”


Menurut kemauan-Nya sendiri, Allah memberitahukan kepada kita rahasia rencana-Nya; Ia sudah memutuskan bahwa rencana-Nya itu akan diselesaikan melalui Kristus.

Di dalam suratnya kepada jemaat di Efesus ia mengungkapkan isi hatinya “Allah mengungkapkan rahasia rencana-Nya dan memberitahukannya kepada saya. (Mengenai hal ini sudah saya tulis di atas dengan singkat, dan kalau kalian membacanya, kalian akan memahami rahasia mengenai Kristus seperti saya memahaminya.)


Stukurlah kepada Allah, akhirnya rahasia ilahi yang tersembunyi bartahun tahun lamanya disingkapkan kepada kita “Dahulu rahasia itu tidak pernah diberitahukan kepada manusia, tetapi sekarang Roh Allah sudah menyatakannya kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya. Mari kita berterima kasih kepada Allah, karena karya salib Yesus adalah rahasia ilahi yang telah dinyatakan kepada kita yang percaya .


Jadi bersabarlah jika berjumpa dengan orang yang salah memahami misteri ilahi. Jangan marah jika mereka memiliki penafsiran tersendiri yang berbeda dengan pemahaman kita. Doakanlah supaya mereka yang salah paham suatu saat akan berjumpa sendiri dengan kebenaran lewat bimbingan Roh Allah. Karena hanya Roh Allah yang bisa menjelaskan hikmat yang datang dari Allah. Semoga.....



0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com