• Paulus Wiratno

MEMAKAI KALUNG ‘KESETIAAN’

Allah membenci pengkhianatan, karena prilaku khianat tidak sesuai dengan nilai nilai ilahi. Allah yang maha setia, selalu akan berperkara dengan manusia yang mengingkari janji setia. Maka jangan kaget apabila doa dan ibadah akan terhalang lantaran tidak bisa memegang kesetiaan. Satu nasehat dari kitab Amsal bisa menyadarkan kita semua akan arti dan reward kesetiaan “kalungkanlah kasih dan setia maka engkah akan mendapatkan penghargaan di mata Allah dan manusia”.




Kesetiaan adalah modal untuk mendapatkan penghargaan. Dan pernghargaan adalah salah satu modal kebahagiaan. Jalan terbaik untuk dihormati Allah dan mansia adalah hidup sesuai dengan perintahnya ‘jadilah manusia yang setia’.


“Don't lose your grip on Love and Loyalty. Tie them around your neck; carve their initials on your heart. Earn a reputation for living well in God's eyes and the eyes of the people.”


Kata yang diterjemahkan ‘setia’ atau ‘loyalty’ bahasa aslinya adalah ’emeṯ: artinya truth, faithfulness. Orang yang setia adalah yang hidup sesuai dengan kebenaran yang diucapkan dan diyakininya. Janji nikah yang diucapkan di hadapan Allah dan manusia harus dijalani tanpa syarat sampai maut memisahkan kita. Hidup dalam ketaatan artinya hidup di atas kebenaran firman Allah

“ To walk in truth is to conduct oneself according to God’s holy standards”

https://youtu.be/pW2w2s6FoVU

Kesetiaan punya banyak rintangan dan musuh. Ibarat orang pergi berperang, senjata harus siap di tangan. Dalam hal pernikahan, jangan lupa memakai perhiasan ‘kasih dan setia’ keduanya adalah senjata paling canggih untuk melawan semua cobaan. Kepahitan, pengkhianatan, kebohongan, pelecehan dan kekerasan dapat dilawan dengan ‘kasih dan setia’.


Seorang istri yang penuh kasih dan setia, akan berusaha memahami perbedaan, mengampuni kesalahan, membuang kepahitan, dan menerima kekurangan. Kasih dan setia mampu mengalahkan kebencian, amarah dan permusuhan. Karena itu ‘kalungkanlah’ artinya, jadikanlah keduanya perhiasan hidupmu. Apa jadinya jika setiap suami dan istri berkalungkan ‘kasih dan kebenaran’? Pasti akan ada banyak perceraian yang dibatalkan.










235 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com