• Paulus Wiratno

MEMBELI GIGI BERLUBANG

Mendiang John Lennon tidak pernah menyangka jika salah satu giginya yang berlubang akan dibeli oleh Muchael Zuk seharga 31.200 dolar Kanada atau setara dengan 32.000.000 rupiah. Ini memang aneh tapi nyata. Aku belum pernah dengar ada gigi rusak bisa dijual. Pertanyaan dibenaku, ‘untuk apa membeli gigi yang sudah berlubang’? Kenapa tidak minta saja dari dokter gigi yang setiap hari mencabut dan membuang gigi yang sudah rusak?


Setahuku baru kali ini ada orang mau membelanjakan uangnya untuk gigi berlubang. Hanya orang kaya bernama Michael Zuk yang punya ide membeli gigi rusak. Seorang penulis bernah berkata ‘semakin tinggi tingkat sosial seseorang, semakin aneh caranya untuk memuaskan batinnya.


Sebenarnya apa yang dicari oleh tuan Michael Zuk? Ia sedang menolong egonya untuk mendapatkan penghargaan dan ketenaran. Seharusnya tuan Michael mendengarkan Making Life Better, seri menemukan makna hidup atau membaca buku ‘Half Time’. Keduanya mengajarkan kepada kita bahwa arti kehidupan ditemukan dengan cara berbagi bukan dengan membeli barang barang aneh untuk sensasi.


Kitab Suci memberikan resep jitu untuk mendapatkan penghargaan dengan menebar kesetiaan bukan membuat kehebohan. “Hendaklah engkau tetap percaya dan setia kepada Allah dan sesamamu. Ingatlah itu dan simpanlah di dalam hatimu, supaya engkau disenangi dan dihargai oleh Allah dan manusia.” (Amsal)


Seandainya uang 31.200 dolar milik tuan Michael dibagikan untuk anak yatim dan kaum papa di pinggiran kota Vancouver, pastilah banyak wajah yang tersenyum bahagia. Saat Muchael Zuk melihat mereka berbahagia, dia akan menemukan kepuasan jiwa.


0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com