• Paulus Wiratno

MEMURNIKAN IMAN


Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.”


Bunyi ayat di atas membuat saya sadar tentang beoata pentingnya membangun dan memelihara iman. Karena suatu saat kekuatan dan kemurnian iman kita agam diuji langsung oleh Tuhan melakui cobaan, penderitaan, kesulitan dan pergumulan hidup. Mengapa Allah menguji iman kita? Ikuti renungan di bawah ini.


IMAN ADALAH JALAN MENUJU HIDUP YANG BERKENAN

Tuhan merasa perlu memurnikan iman, bukan karena Allah tidak tahu kualitas imananda. Tetapi karena karena anda bertanggung jawab untuk membangun dan menjaga iman. Alasannya sangat simpe tetapi penting. Satu satunya cara hidup yang berkenan kepada Allah adalah hidup dengan iman. Hanya iman yang bisa menolong kita mempercayai bahwa Allah ada. Itulah sebabnya hanya dengan iman kita menjaga hubungan yang baik dengan Allah dan hidup di atas kebenaran Firman Allah. “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.” (Ibrani 11:6)


PEMELIHARAAN ALLAH SELALU LEWAT IMAN

Seperti yang dikatakan oleh rasul Petrus, kita dipelihara oleh Allah lewat iman kita kepada Allah. Semakin kuat iman kita semakin terasa pemeliharaan Allah dalam hidup kita. Maka tugas kita semua adalah memelihara dan membangun iman. Seperti tanaman selalu disirami air, diberi pupuk dan di’rempel, demikian juga iman kita. Jangan pernah menganggap iman anda baik baik saja padahal malas ke gereja atau membaca Firman Allah.


Untuk menumbuhkan iman diperlukan tindakan dan komitmen. Sama seperti orang makan. Meski ada makanan lezat di ata meja makan, untuk bisa menikmati makanan anda harus menyuapi diri sendiri. Masukan makan ke mukut, dikunya dan ditelan. Makanan tidak bisa masuk ke mulut anda, anda yang harus memakai tangan memasukan makanan.


KUALITAS HIDUP TERGANTUNG DARI KUALITAS IMAN

Mereka yang menjaga iman dan hidup diatas iman akan dianugerahi sukacita ditengah dukacita. Mereka yang selalu mengandalkan Tuhan diberi ketabahan hati untuk menghadapi kesulitan hidup. Mereka yang menaruh harapannya pada Tuhan akan diberkati dengan “survival spirit”. Bisa bertahan menghadapi segala tantangan hidup. Yusuf Bin Yakob bisa bertahan di dalam penjara selama 13 tahun dan keluar sebagai penguasa. Itu adalah penghargaan iman yang diberikan oleh Allah kepadanya. Iman memampukan Ayub memuji saat diuji, mengasihi saat dibenci dan mengalami pemulihan setelah kehilangan kesehatan dan kekayaan. Iman memampukan Yusuf sabar dalam penantian. Iman membuat Abraham menikmati janji Tuhan.



0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com