• Paulus Wiratno

MENGAPA ALLAH BENCI PERCERAIAN

Sumber utama terjadinya perceraian karena gagal paham tentang arti pernikahan. Benarlah apa yang pernah dikatakan oleh Myles Munroe, ‘’Penyebab utama ketidak-bahagiaan dalam pernikahan adalah ‘lack of knowledge’ kurangnya pemahaman tentang pernikahan. Kasus yang terjadi dalam kitab Maleakhi layak menjadi pembelajaran bagi kita yang menjadi pemimpin umat. Jangan sampai tragedi ‘gagal nikah’ yang membuat Allah marah terjadi pada kita semua. Untuk itu mari kita temukan alasan mengapa Allah mengatakan “Aku membenci permikahan…”


ALLAH MEMILIKI VISI MELALUI PERNIKAHAN ANDA

Pernikahan itu idenya Allah dengan sebuah visi ilahi yang sangat mulia. Pernikahan diciptakan bukan untuk sekedar menemukan penolong atau teman hidup. Pernikahan tidak sekedar untuk mengesahkan hubungan biologis atau menghilangkan status jomblo. Pernikahan didesain oleh Allah dengan rencana jangka panjang supaya melalui pernikahan ‘lahirlah keturunan ilahi’ atau anak anak yang saleh. Generasi yang saleh adalah idaman dari sorga. Dan tempat untuk mencipakan generasi cinta Tuhan adalah pernikahan antara laki dan perempuan. Bukan pernikahan antata Johny dengan Markus atau Hana dengan Maria. Perceraian bisa membuat rencana ini terganggu.


Nampaknya keprihatinan Allah sudah menjadi kenyataan. Anak anak yang lahir dari ‘broken home’ cenderung bermasalah. Bahkan dalam buku ‘Father Connection” dituliskan anak anak yang hidup tanpa ayah, benyak yang drop out dari sekolah, terlibat kenakalan, hamil diluar nikah, kecanduan dan menjadi penghuni penjara. Artinya, keluarga yang harmonis adalah lahan persemaian generasi ilahi. Makanya jangan biarkan keretakan, selamatkan cintamu dalam pernikahan.


PERCERAIAN ADALAH PELANGGARAN JANJI SETIA

Perceraian melibatkan pelanggaran janji setia. Setia kepada firman Allah, setia kepada pasangan dan setia pada diri sendiri. Masih ingat pada waktu kita mengucapkan janji nikah? “Apa yang telah dipersatukan oleh Allah tidak boleh diceraikan oleh manusia” Perhatikan baik baik, waktu Allah mengatakan ‘laki laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya’ tidak ada tambahan kalimat ‘seandainya mereka tidak cocok maka suami akan kembali pulang ke rumah orng tuanya atau dijinkan menceraikan istrinua kemudian mencari yang lain. Perceraian tidak ada dalam kamusnya Tuhan, tidak ada dalam ‘blue print’ awal. Artinya, pernikahan itu seperti orang beli tiket pesawat sekali jalan.


PERCERAIAN ADALAH PELECEHAN TERHADAP WANITA

Perceraian melibatkan pelecehan pada kaum wanita yang dianggap ‘kaum lemah’. Kasus para pemimpin yang mencari istri muda benar benar membuat Allah marah. “Dan kamu bertanya: "Oleh karena apa?" Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu.” Seorang penafsir mengatakan jika para imam dalam kitab Maleakhi menceraikan istri yang sudah tua dengan menikahi wanita yang lebih muda. Mereka tidak menyadari bahwa tindakan itu merupakan pelecehan terhadap janji nikah, dan pelecehan terhadap kaum wanita.

Ingatlah bahwa dibalik keberhasilan seorang suami ada istri yang menolong, menopang dan wanita kerja keras. Masih ingat kata mutiara yang mengatakan “istri yang cakap adalah mahkota bagi suaminya.” Jangan sampai setelah suami berhasil dan mendapat penghargaan kemudian membuang istrinya demi yang lebih muda. Kemudian penolong yang sudah bekerja keras membuat suami berhasil tiba tiba diceraikan begitu saja karena dianggap sudah tidak berguna. Ini adalah pelecehan. ‘Habis manis sepah dibuang’. Dan Tuhan sangat marah.



"Aku benci perceraian," kata TUHAN Allah Israel. "Aku benci kalau salah seorang dari kamu berbuat sekejam itu terhadap istrinya. Maka jagalah dirimu dan jangan sekali-kali mengkhianati istrimu."

600 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com