• Paulus Wiratno

MENGELOLA KEBENCIAN


Kebencian adalah bagian dari kehidupan. idak semua kenyataan hidup akan disambut dengan senyum. Tidak semua yang anda miliki akan disukai. Dan tidak semua teman akan dijadikan sahabat dekat. Fakta membuktikan bahwa tidak mungkin kita menyukai semua orang, dan tidak mungkin semua orang menyukai kita. Lalu bagaimana harus mengambil sikap saat kita mengetahui bahwa ada sebagian teman atau saudara yang membenci kita? Don’t worry, be happy.


Terkadang orang membenci kita karena kelebihan yang kita miliki. Tidak semua orang membenci kita karena kesalahan dan kekurangan yang ki8ta miliki. Yusuf adalah korban dari kebencian karena iri hati. Berawal dari penyampaian sebuah mimpi yang berujung pada konflik keluarga. Orang bisa membenci anda, bukan karena kselahan yang anda buat, tetapi karena kelebihan anda yang tidak dimiliki oleh mereka. Saat manusia merasa dirinya tyerancam, dia bisa mengancam orang lain.


Raja Daud punya pengalaman yang sama, ia dibenci, menjadi target pembunuhan oleh atasannya. Yang membuat Daud terancam kematian bukan karena kesalahan tetapi karena kelebihan dan reputasi hidupnya. Keberhasilannya membunuh si raksasa, Goliat telah membuat raja Saul iri dan merasa terncam. Fakta hidup membuktikan, ada mereka yang sedang melihat anda gagal, dan ada yang tidak bisa tidur mendengar anda berhasil. Kesukaan orang ini adalah menjadi kelemahan anda dan menceritakan kepada kawan kawannya dalam rangka menentramkan isi hatinya.


Lalu bagaimana kita bisa bersikap terhadap mereka yang membenci lantaran iri hati dan tidak siap melihat prestasi? Hanya ada satu, maafkanlah. Karena terkadang mereka sendiri tidak mengetahui mengapa hati mereka dikuasai oleh rasa benci? Raja Saul salah konsep, ia berpikir bahwa kelebihan Daud akan membuat karisma dirinya berkurang. Kakak tiri dan saudara Yusuf harusnya paham, jika mimpi itu berasal dari Allah bukan dari Yusuf pribadi. Yusuf tidak ingin menyombongkan diri. Mengapa mimpi itu diberikan kepada Yusuf bukan Yehuda atau Ruben? Semua ini hanyalah kasih karunia. Mengapa haji Rhoma Irama dinobatkan jadi raja Danggut? Mengapa Sule punya banyak penggemar? Mengapa pak Ahok banyak pendukungnya? Anda tidak perlu membenci mereka lantaran tidak punya talenta seperti mereka. Masing masing sudsh diberi jatah sesuai takaran dari sorga.


Waspadai kebencian tanpa alasan. Waspadai iri hati tanpa mau mengerti. Kebencian yang membabi buta bisa menyulut kepahitan. Kepahitan yang dibirakan singgah terlalu lama bisa merampok kebahagiaan dan keberhasilan masa depan. Sifat iri hati harus segera dibasmi dari dalam hati. Jika tidak, hidup anda akan dicabik cabik oleh kelebihan orang lain. Membiarkan selera makan hilang, gara gara tetangga bisa belin Yamaha NMax, adalah sebuah kebodohan. Tidak mau pergi ibadah, karena yang memimpin pujian lebih lebih cantik dari anda adalah sebuah kedunguan. Life is short my friends. Jangan biarkan kebahagiaan dihatimu dirampok oleh sikap hidupmu.

0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com