• Paulus Wiratno

MENGUBAH NASIB HIDUP

"Saudara-saudara! Allah sangat baik kepada kita. Itu sebabnya saya minta dengan sangat supaya kalian mempersembahkan dirimu sebagai suatu kurban hidup yang khusus untuk Allah dan yang menyenangkan hati-Nya. Ibadatmu kepada Allah seharusnya demikian. Janganlah ikuti norma-norma dunia ini. Biarkan Allah membuat pribadimu menjadi baru, supaya kalian berubah. Dengan demikian kalian sanggup mengetahui kemauan Allah--yaitu apa yang baik dan yang menyenangkan hati-Nya

dan yang sempurna."


BERUBAH ITU WAJIB

Perubahan hidup selalu dimulai dengan perubahan pola pikir. Demikian juga jika kita ingin memiliki kualitas hidup yang menyenangkan hati Allah, maka setiap orang percaya harus menyelaraskan pikirannya dengan pikiran Allah, bukan dengan pikiran ‘duniawi’.  Waktu kita percaya Yesus, roh kita dibaharui, namun pikiran kita tidak langsung berubah 100%. Untuk itu kita harus terus menerus  mengubah pola lama dengan yang baru.  Ada beberapa perjumpaan (encounter) yang bisa emngubah pola pikir.


PERJUMPAAN DENGAN KEBENARAN

Tindakan kita selalu minta restu pikiran. Jika dipikiran tersimpan banyak ’true lies’ atau kebohongan yang dianggap benar, prilaku kita akan mengikutinya. Gideon merasa dirinya bukan siapa siapa. Ia menderita ‘inferiority complex’ atau rasa rendah diri berlebihan. Ia tidak percaya bahwa Allah melihatnya sebagai ‘Pahlawan yang gagah perkasa’. Namun ketika ia berjumpa dengan Allah tiba tiba cara pandang terhadap dirinya berubah 180 derajat. Seketika itu juga ia menjadi pemberani. Dan keberaniannya membuat ia menjadi hakim atau pemimpin yang mewariskan keteladanan. Gideon berubah dari penakut menjadi pemberani, from nobody to somebody"

Gideon menjawab, "Mengapa saya, TUHAN? Mana mungkin saya melepaskan umat Israel dari kekuasaan orang Midian. Di dalam suku Manasye, kaum sayalah yang paling lemah. Dan di dalam keluarga saya pun sayalah pula yang paling tak berarti."


PERJUMPAAN DENGAN KUASA ALLAH

Banyak orang yang mengalami perubahan hidup secara drastis setelah mengalami kuasa Allah secara pribadi. Mengalami mujizat bisa menjadi pintu menuju perubahan hidup yang luar biasa.  Orang gila yang hidup dikuburan Geraza adalah contoh yang paling nyata. Setelah dibebaskan dari kuasa setan, ia punya kerinduan untuk mengikut Yesus. Semakin sering berjumpa dengan kuasa Allah, semakin kuat iman kita kepada-Nya. 

Para murid merasa kagum saat melihat Yesus mampu meneduhkan angin ribut. dengarkanlah apa komentar mereka setelah berjumpa dengan ‘kuasa Allah’

"Mengapa kalian takut?" kata Yesus. "Kalian kurang percaya kepada-Ku!" Kemudian Yesus berdiri dan membentak angin dan danau itu. Lalu danau menjadi sangat tenang. Pengikut-pengikut Yesus heran. Mereka berkata, "Orang apakah Dia ini, sampai angin dan ombak pun menuruti perintah-Nya!”


PERJUMPAAN DENGAN KASIH ALLAH

Allah itu kasih, dan barang siapa yang ingin hidup menyenangkan hati Allah harus hidup dalam kasih. Banyak orang sulit mempercayai Allah karena pengalaman ditolak, direndahkn dan tidak menerima kasih sayang.  Survey membuktikan, orang yang tidak memiliki kesadarann bahwa dirinya dikasihi, sering mengalami sakit penyakit dan kurang bahagia. Perjumpaan dengan kasih Allah bisa mengubah sisa hidup mereka, yang dulunya tidak bahagia menjadi bahagia.


Zakeus adalah contoh yang bisa kita teladani. Selama ini ia dan keluarganya dipandang sebelah mata oleh para tetangganya. Sebagai pemungut cukai, ia bekerja secara tidak jujur dan sering memeras orang. Namun saat ia berjumpa dengan Yesus di rumahnya, tiba tiba ada sesuatu yang mengubahnya. Yang dulunya suka mengambil, ia mulai belajar memberi. Zakheus berubah karena ia sadar bahwa ada yang mengasihinya.  


Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." (Lukas 19:8)


Perbubahan hidup atau nasib hidup selalu dimulai dengan peribahan pikiran. Brian Tracy pernah menulis buku ‘Change Your Mind Change Your Life’. Inilah saatnya kita memperbanyak perjumpaan dengan kebenaran, kuasa dan kasih Allah supaya kita bisa hidup menyenangkan hati Allah. God bless



0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com