LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

MENJAGA KESEHATAN EMOSI


Salah satu tugas utama seorang permimpin adalah menjaga kesehatan emosi. Saat rasa tidak stabil akan mengganggu asa. Kesetabilan emosi langsung berdampak dalan berkomunikasi. Pemimpin yang mudah tersinggung, gampang marah, kurang sabar, sedang mengalami gangguan emosi. Jika tidak segera dipulihkaan, ia akan melukai diri dan organisasi. ebaiknya segera melakukan check and re-check. Salah satu penyebab sakit rasa adalah tekanan atau luka batin. Untuk itu perlu segera memeriksa kondisi jiwa. Belajarlah jujur seperti raja Daud. Setiap malam ia membiarkan Allah menyelidiki hatinya demi menjaga kesehatan jiwanya. Jangan sampai anak, istri dan tetangga menjadi korban akibat kompensasi yang salah.


Ada yang bilang jika semua emosi kemarahan bersumber pada ego yang terganggu. Saat kebutuhan untuk dihargai, dicintai dan diterima tidak terpenuhi, ada pembrontakan dalam diri. Untuk itu setiap pemimpin harus benar benar punya sumber yang benar untuk mendapatkan kebutuhan dasar bagi jiwanya. Mereka yang merasakan kasih, penerimaan serta penghargaan dari Allah melalui Kristus, tidak akan pernah menuntut penghargaan dari manusia. Ikutilah jejak Tuhan Yesus, meski dihina, difitnah dan dihujat, Ia masih mampu mengampuni dan mengasihi. Emosinya tidak terluka karena kasih-Nya yang besar.


Belajarlah mengampuni, menghargai diri, memulihkan hubungan. Siap siap disalah-mengerti, ditolak dan dikhianati. Semua itu adalah bagian dari proses kehidupan. Lambat atau cepat anda akan menghadapi. Jangan marah atau tersinggung jika di perlakukan tidak sesuai dengan harapan. Ingatlah bahwa semua itu diijinkan lewat untuk membentuk karakter kita. Serahkan semua kepada Tuhan. Tersenyumlah dan berkatilah mereka yang pernah bikin susah. Sehatlanlah emosimu demi kesehatanmu.





159 views