• Paulus Wiratno

MINUM KOPI BERSAMA IBRANI

Pernahkah anda jatuh cinta dan tidak mau  terpisah atau jauh dari yang anda cintai? Kemana mana selalu bersama, dalam suka duka selalu igin ditemani. Itulah tanda jatuh cinta. Minggu ini saya sedang jatuh cinta dengan kitab Ibrani 11. Hampir setiap hari, pagi siang malam selalu mengingat apa yang dikatakannya. 


Ada satu kalimat yang membuat hatiku gemetar setiapo kali mengingatnya.  “Tanpa beriman, tidak seorang pun dapat menyenangkan hati Allah. Sebab orang yang datang kepada Allah harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi balasan kepada orang yang mencari-Nya.”   


Cara terbaik untuk hidup menyenangkan Allah adalah selalu mengandalkan Allah. Iman menjadi dasar dari semua perbuatan yang bisa menyenangkan Allah. Artinya, semua yang kita lakukan atas nama dan untuk Allah harus dumulai dengan keyakinan bahwa Allah itu ada.  


Bukti bahwa kita percaya kepada-Nya adalah hidup di atas kebenaran Sabda-Nya.

Mengapa ada pengkhotbah terkenal, banyak melakukan keajaiban tetapi ditolak oleh Allah? Karena apa yang dilakukan tidak didasari oleh keyakinan kepada Allah dan bukan untuk kemuliaan nama Allah.  Mengapa persembahan Kain ditolak oleh Allah? Karena ia  memberi persembahan tanpa iman. Pendek kata, iman bisa dikatakan sebagai ‘kunci’ untuk terhubung dengan Allah. 


Dapatkah anda minum kapi tanpa air?   Tidak peduli berapa mahal harga kopi luwak yang baru anda beli, tetapi jika tidak ada air panas, kita tidak bisa menikmatinya. Tidak peduli seberapa hebat talenta anda dalam menyembah, menyanyi, berkhotbah, mengajar atau memberi belas kasihan. Jika tidak dilandasi oleh keyakinan bahwa Allah ada dan bahwa dia memberi ganjaran atas setiap perbuatan iman, sia sialah apa yang kita lakukan. 


Mohon maaf, saya minum kopi Bali dulu baru nanti kita lanjutkan pembahasan.  Sambil menunggu, jangan lupa buka kitab Ibrani 11, baca sampi habis berkali kali dan renungkanlah sampai mendapat pewahyuan hingga hidup anda diubahkan, seperti saya. Ingatlah uang satu ini. Satu kebenaran yang disingkapkan bisa mengubah seluruh hidup anda karena ‘what God revealed belongs to you’. Apa yang Tuhan singkapkan akan digenapi dalam hidup kita. Amen.




0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com