LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

RAHASIA AWET MUDA

Aku sudah bilang berkali kali, mereka tetap tidak percaya. Eh ada yang tetap ngotot ‘bapak jangan berdusta’. Lalu mau bagaimana lagi? Sekali lagi aku katakan dengan penuh kejujuran ‘aku lahir tahun 1965, hari Jumat Pon’. Semua diam. Kelihatan pada berpikir. Lalu ada satu yang nylonong ‘bapak kelihatan awet muda, apa rahasianya pak”? Nampak sangat penasaran.


Sambil minum juice jeruk campur mangga, aku menjelaskan kepada mereka rahasia awet muda versi Paulus Witatno. Rahasia pertama, ‘trust in the Lord’. Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hati dan jiwa. Iman yang kuat membuat muka tetap ceria meski menghadapi banyak derita. Iman adalah teman terbaik saat semuanya memusuhi kita. Iman adalah mentor terbaik saat segalanya nampak tidak menjanjikan. Iman adalah guru terbaik saat kita tidak mengetahui banyak hal salam hidup ini.


Kedua, rahasia awet muda adalah ‘menemukan panggilan hidup dan menjalanknya’. Orang yang sudah menemukan panggilan hidup dia sudah memiliki tujuan hidup. Survey membuktikan, orang yang memiliki ‘a sense of accomplishmen’ masa tuanya pasti bahagia. Orang yang hidup bahagia cenderung awet muda. Segera berdiri di depan kaca dan pandanglah wajahmu. Jika wajahmu lebih tua dari umurmu, segera temukan panggilanmu dan jalanilah dengan sepenuh hati.


Ketiga, sering sering menabur kebaikan, mereka yang gemar berbuat baik akan dianugerahi sukacita di hati. Kebahagiaan datang saat anda membahagiakan orang lain. Nabi Yesaya pernah mengatakan “Aku akan selalu membimbing kamu dan mengenyangkan kamu di tanah yang kering; Aku akan menjaga kamu supaya tetap sehat dan kuat. Kamu akan seperti taman yang cukup airnya, seperti mata air yang tak pernah menjadi kering.” Ini adalah pernyataan berkat untuk mereka yang gemar berbuat baik.


164 views