• Paulus Wiratno

REJEKI ORANG MURAH HATI

Kalau ingin bahagia secara instan, cepat cepatlah jadi orang yang murah hati. Menurut Kitab Suci orang yang murah hati rejekinya belipat ganda. “Berbahagialah orang yang murah hati dan suka meminjamkan serta jujur dalam segala urusan. Orang baik tak akan gagal; ia akan diingat selama-lamanya.”


Perhatikan rejeki pertama orang yang murah hati, ‘ia tidak akan gagal’. Dalam bahasa Inggris “No shuffling or stumbling around for this one”. Orang yang murah hati sulit digoyahkan atau tidak mudah jatuh. Itulah kehidupan nabi Ayub. Selama hidupnya ia suka memberi dan menyantuni anak yatim. Ketika manghadapi badai kehidupan imannya tidak goyah. Bahkan diujung kehidupannya semua yang hilang dipulihkab oleh Tuhan. 


Berkat kedua orang murah hati berkaitan dengan reputasi yang baik dihadapan manusia atau bahkan dihadapan Tuhan.  “But a sterling and solid and lasting reputation.” Memiliki reputasi yang baik adalah cita cita banyak orang. Bahkan demi mendapat reputasi baik orang melakukan ‘pencitraan’ demi meraih ambisi. Bagi orang saleh, tidak perlu melakukan pencitraan diri. Kesalehan yang melahirkan kebaikan akan menjadi promosi dihadapan Allah dan manusia. 


Tahun 2015, dengan kemurahan Allah saya menerima penghargaan Kick Andy Hero. Saat kami memulai pelayanan Mercy Indonesia, tidak ada sedikitpun terbersit keinginan untuk dihargai oleh manusia. Kami menyelamatkan anak anak yatim karena panggilan hidup. Adalah sebuah bonus bisa menerima penghargaan dari masyarakat dan pemerintah Indonesia. Namun penghargaan yang paling mulia adalah melihat anak anak yatim bahagia dan punya masa depan cemerlang.  


Rejeki orang murah hati sudah dituliskan dalak kitab Yesaya 58 “...supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu. Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku!...”




0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com