• Paulus Wiratno

SAAT YANG TERBURUK TIBA

Updated: Jun 6, 2019

Tidak ada yang pernah tahu kapan yang terburuk akan datang dalam kehidupan. Yusuf tidak pernah menyangka jika istri majikannya akan memfitnahnya. Ia juga tidak pernah menduga  jika orang yang sudah dikenalnya tega menjebloskan dia dalam penjara dalam waktu yang lama.  Padahal selama ini ia sudah dipercaya dan menjadi ‘menejer’ andalan dalam rumahnya. 


Tidak banyak yang tahu bahwa yang terbaik sering kali datang pada waktu kita mengalami yang terburuk.  Apa yang kita anggap sebagai akhir dari segalanya, justru menjadi sebuah awal hidup kita. Ibu kandung Musa tidak pernah berpikir jika keputusan Raja Firaun akan menghabisi nyawa putranya. Menghanyutkan bayi di sungai adalah akhir dari kisah hidup bayi Musa. Namun kenyataan justru bicara sebaliknya, hanyut di sungai justru awal dari kehidupan istana bagi Musa. 


Dokter bilang aku kena kanker di rongga sinusitis stadium tiga. Mendengar kata dokter Liem, pikiran langsung menyimpulkan ‘mati aku, semua akan segera berakhir’. Namun kenyataan bicara yang sebaliknya. Justru Cancer Center itu menjadi ruang kelas kehidupan yang mengubah banyak cara pandang hidup yang salah, yang selama ini menjadi pegangan hidupku. 


Saat nabi Ayub menderita penyakit lepra ganas, banyak kawan kawannya yang berpikir bahwa hidupnya tidak akan bertahan lama. Tidak satupun sahabat yang menduga jika sang nabi akan disembuhkan dan dipulihkan, yang hilang akan digantikan dua kali lipat. Aku yakin Ayub juga tidak menyangka bahwa Allah akan memulihkan segalanya. Saat ia mengatakan ‘Tuhan yang memberi, Tuhan pula yang mengambil’. Di benaknya hanya ada satu kalimat ‘tetap percaya dan jalani saja dengan penyerahan’. Hasilnya sangat menakjubkan bukan? 


Jalani saja dengan setia. Jangan menyerah saat yang terburuk datang dalam hidup anda. Jangan sakit hati saat ada tetangga yang bertepuk tangan saat anda terpuruk. Jangan marah saat anda dipandangg dengan sebelah mata. “Syukuri saja apa yang ada, hidup adalah anugerah. Tetap jalani hidup ini. Dan lakukan yang terbaik.”





226 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com