LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

HIDUP DALAM CINTA KASIH

Updated: Mar 17

Jadi, untuk saat ini ada tiga hal yang kita harus tetap lakukan: percaya, berharap dan saling mengasihi. Yang paling penting dari ketiganya itu ialah mengasihi orang-orang lain.


Tugas utama seroang murid Yesus adalah mempraktekan ajaran kasih dalam keseharian. Ukuran dan bukti kekristenan tidak hanya ada dalam ucapan atau kegiatan keagamaan. Iman kita hanya bisa menjadi ‘legal’ saat dipraktekan dalam kehidupan. Percaya itu baik, tetapi menjadi orang beriman tanpa kasih sayang itu tidak ada gunanya. Apa gunanya rajin berdoa jika tidak pernah prihatin melihat orang lain menderita. Beribadah itu wajib, namun jika hati masih menyimpan benci, ibadah kehilangan faedahnya.


Mengaku murid Yesus tetapi kelakuan tidak mencerminkan ajaran-Nya adalah kemunafikan. Tiap hari menyanyikan lagu ‘Ajarilah Kami Saling Mengasihi’ namun ruang hati masih penuh dengan kepahitan. Ini adalah kesia siaan. Hafal ayat kitab suci tetapi lidah penuh caci maki, inilah yang namanya ‘kristen tanpa peRtobatan.’ Kontradiksi antara kelakuan dan keyakinan sering ada dalam kenyataan. Bagaimana dengan anda?


Ukuran kedewasaan iman bukan dalam pemahaman tetapi dalam kelakuan. Punya gelar doktor theologia namun tidak hidup dalam kasih adalah pengingkaran terhadap kebenaran. Itulah sebabnya rasul Paulus meminta kita untuk menjadi ‘God imitator’ atau menjadi peniru peniru Allah. Bukan hanya belajar tentang Allah, atau membaca firman Allah, tetapi mengikuti teladan Allah.


’Kalian adalah anak-anak Allah yang dikasihi-Nya, sebab itu kalian harus berusaha mengikuti teladan Allah. Hidupmu hendaknya dijiwai oleh kasih, seperti Kristus pun mengasihi kita. Ia mengurbankan diri-Nya untuk kita, sebagai suatu persembahan yang harum dan menyenangkan hati Allah.’’


Hidup yang dijiwai oleh kasih adalah hidup yang selaras dengan karakter ilahi. Hidup berdasarkan kasih merupakan panggilan sekaligus gaya hidup orang yang mengaku sebagai murid Yesus. Bukankah Yesus pernah merangkum 10 HUKUM ALLAH menjadi 1 HUKUM KASIH?

“Perintah baru Kuberikan kepadamu: Kasihilah satu sama lain. Sama seperti Aku mengasihi kalian, begitu juga kalian harus saling mengasihi. Kalau kalian saling mengasihi, semua orang akan tahu bahwa kalian pengikut-pengikut-Ku."








55 views