• Paulus Wiratno

SELALU BELAJAR FIRMAN

Updated: Feb 15, 2019


“Wise men and women are always learning, always listening for fresh insights. Proverb 18:15


Berhenti belajar berhenti bertumbuh. Kualitas hikmat berjalan sejajar dengan kualitas hidup. Memiliki hikmat berarti memiliki strategi untuk menjalani hidup. Itulah sebabnya Salomo lebih memilih hikmat daripada tahta atau harta. Salomo sadar, punya harta atau tahta tanpa hikmat, bisa mendatangkan petaka.


Itulah nasib orang muda yang kaya, akhir hidupnya mengenaskan. Mati tanpa makna. Ia terobesi untuk menjadi kaya, kerjaannya memgumpulkan dan membangun lumbung. Ia lupa bahwa makna hidup didapatkan dengan memberi bukan mengumpulkan. Ia tidak pernah belajar bahwa kekayaan tanpa hikmat bisa menghancurkan kehidupan, pernikahan, dan masa depan.


Absennya hikmat dalam hidup bisa menghadirkan kesengsaraan. Makanya ‘berbahagialah orang yang menyukai hikmat’. Kebenaran kekal adalah terang bagi jalan dan suluh dalam kegelapan. Ia akn menolong kita menemukan jalan menuju akhir kehidupan yang sudah direncanakan oleh Allah yang Maha Tahu. Allah tahu rancangan rancangan yang ada dalam diri-Nya tentang hidup kita. Bukan rancangan yang membawa derita dan celaka, tetapi rancangan yang mendarangkan makna dan damai sejahtera.


Hikmat Allah akan menuntun kita menuju ‘expected end’ yang sesuai dengan ‘expected plan’ dari sorga. Bagaikan buku manual, hikmat menuntun kita untuk beroperasi menjadi maksimal sesuai dengan rencana semua. Sama seperti mobil yang membutuhkan bensin, jangan pernah diisi dengan jus tomat atau air tajin. Mesin bakalan tidak bisa dihidupkan. Percuma punya toyota Aphard jika tidak bisa mengoperasikan gara gara tidak bisa membaca buku manual.


Makanya sering seringlah baca buku manual kehidupan, yaitu kitab suci. Di dalamnya ada petunjuk untuk segala aspek kehidupan mulai dari pernikahan, bisnis, kepemimpinan, dagang, sampai percintaan. Baca kitab suci, doa tiap hari klau mau tumbuh dan menjadi maksimal bagi Allah, keluarga dan sesama.

0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com