• Paulus Wiratno

SIAP DIKHIANATI

Pengkhianatan adalah bagian dari drama kehidupan. Hari ini bilang cinta besok berubah jadi benci. Sekarang jadi kawan besok jadi lawan. Minggu lalu memuji minggu depan saling lempar kursi. Bulan ini bergandeng tangan bulan depan pukul pukulan. Semua yang ada di dunia fana, sifatnya sementara. Termasuk kelakuan umat manusia.

Percaya tidak percaya, tragedi pengkhianatan pertama itu terjadi di sorga. Lucifer dan antek anteknya melakukan ‘Kudeta’. Sorga berduka dan terjadi deportasi besar besaran. Ketidak setiaan selalu berbuntut perpisahan. Perpisahan selalu meinggalkan luka batin yang bisa merampok kebahagiaan dan kesehatan.


Tragedi ketidak-setiaan yang kedua terjadi di taman Eden. Manusia yang telah diciptakan oleh Allah menurut gambar dan teladan Allah tiba tiba berniat ‘menjadi’ seperti Allah. Niat menjadi seperti Allah melahirkan pelanggaran terhadap perkataan Allah. Tragedi pengkhianatan kebenaran membuat manusia terpisah dari kemuliaan Allah dan harus menghadapi resiko kematian. Pengkhianatan berbuntut kematian hubungan.


Akhir akhir ini yang namanya kesetiaan menjadi barang langka. Kasus pengkhianatan semakin meraja lela. Selingkuh menjadi hal yang biasa. Apalagi dengan adanya media sosial, orang bisa diam diam mengingkari cinta. Lihat saja film Telenovela atau Soup Opera. Hampir semua ceritanya diinspirasi oleh pengkhianatan cinta. Prilaku khianat seolah menjadi trend di akhir jaman seperti yang tersurat dalam kitab suci.


Kitab Amsal mengajarkan kepada kita betapa pentingnya arti kesetiaan “Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu...” Pengkhianatan selalu meninggalkan bekas kepahitan dan kematian. Itulah sebabnya kita diharuskan untuk berlaku setia kepada Allah, pasangan dan sesama kita. Ingatlah! Kualitas hidup sangat tergantung pada hubungan. Produktivitas selalu dipengarui oleh relasi. Semakin bagus hubungan, semakin tinggi tingkat kebahagiaan.


Jangan pernah takut dikhianati. Yang penting anda tidak mengkhianati. Semua pengkhianatan bisa diobati. Dan satu satunya obat pengkhianatan adalah pengampunan. Ikutilah jejak Tuhan Yesus. Apa yang dilakukan terhadap 11 murid yang berkhianat? Ia mendatangi, mengajak makan bersama dan membangun kembali kasih yang terlukai.


Apa yang terjadi setelah pengampunan? Hubungan dipulihkan, kepercayaan dikembalikan dan potensi hidup bisa dimaksimalkan. Simon Petrus bisa menjadi pemimpin gereja pertama di Yerusalem, dan semua murid yang lain menjadi martir saat menjalankan panggilannya. Injil diberitakan dan jutaan manusia diselamatkan. Semua ini bisa terjadi karena ada yang rela dikhianati dan bersedia mengampuni. Mau dipulihkan dari pengkhianatan? Ikutilah teladan Tuhan Yesus.




266 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com