LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

SULITNYA MENGIRING YESUS

Bagian tersulit menjadi pengikut Yesus bukan memikul salib, tetapi apa yang kita pikir dan rasa sementara teraniaya. Menyanyikan lagu 'Aku mau iring Yesus sampai selama lamanya itu mudah. Apalagi saat berada di dalam gereja dengan ruang pendingin dan karpet yang indah diiringi musik yang merdu. Rasanya semua orang bisa melantunkan lagu ini berkali kali tanpa masalah. Namun bagaimana dengan istri, anak dan kerluarga yang baru berduka karena anak yang dikasihinya harus menghadap Yang Kuasa dengan cara yang mengenaskan?


Bagian tersulit menjadi pengikut Kristus adalah hidup seperti Kristus. Salah satunya adalah hidup dalam kasih dan pengampunan sementara hati dan pikiran tidak rela untuk melepaskannya. Saat Yesus ditangkap ia bisa saja mengerahkan bala tentata sorgawi untuk memukul mundur tentara Romawi, namun Ia tidak menggunakan hak-Nya. Ia lebih memilih melakukan kewajibannya.


Saat Simon Petrus memotong telinga Malkhus, Ia meminta Petrus menyarungkan pedangnya dan memulihkan telinga hamba imam besar itu. Saat Yesus disalibkan dia bisa mengundang api atau gempa untuk menggagalkan proses penyaliban, namun semua itu tidak dilakukannya karena malam sebelumnya Ia sudah membuat keputusan "Ya Bapa, bukan kehendak-Ku yang jadi melainkan kehendak-Mu". Yesus tahu persis bahwa nasib akhir hidupnya akan digantung di kayu salib. Karena untuk itulah Ia datang ke dalam dunia.


Bagian tersulit mengikut Yesus bukan datang ke gereja tiap hari minggu, mengembalikan persepuluhan tiap bulan atau membaca kitab suci tiap pagi. Bagian tersulitnya adalah tidak bisa menggunakan hak padahal kita punya kesempatan dan kekuatan untuk melakukannya. Hak untuk menyakiti, balas dendam atau mencelakakan orang yang telah memusuhi dan menganiaya orang orang yang kita kasihi. Namun kita harus mengikuti firman-Nya "Kasihilah musuhmu. Doakanlah orang yang menganiaya kamu. Ampunilah mereka yang telah membunuh anakmu atau saudaramu." Bagian ini mudah dinyanyikan atau diucapkan namun sulit dilakukan...tetapi wajib dilakukan. Kiranya Tuhan akan menolong kita semua.




49 views