• Paulus Wiratno

SUMBER PERTENGKARAN SUAMI ISTRI

Updated: Dec 7, 2019

Sumber pertengkaran dalam pernikahan anda bukanlah setan, tetapi karena gagal paham atau kurang pengertian. Pernikahan yang tidak bahagia penyebabnya bukan kurang cinta, tetapi kurang mengerti siapa yang anda nikahi. Itulah sebabnya Amsal menuliskan bahwa rumah tangga bahagia dibangun diatas hikmat, pengertian dan pengetahuan. Mengerti tujuan menikah, memahami siapa yang dinikahi dan mengetahui bagaimana merawat cinta itu penting sekali.


Penyebab pertengkaran pertama adalah saat ‘wanita mengharapkan suaminya berpikir dan bertindak seperti dirinya. Kedua, pria gagal memahami dan mengerti siapa istrinya. Kedua penyebab ini bisa menjadi lingkaran setan yang menghancurkan. Saat suami gagal memehami apa yang menjadi ‘kesukaan’ istri, sebentar lagi akan ada ‘ketidak-puasan’ yang berujung ‘kamu tidak mencintai saya’.

Satu satunya cara untuk mengatasi perosalan ini adalah dengan saling memahami. Para pria harus memahami bahwa kebutuhan utama seorang wanita adalah dicintai, dimengerti, dan diperhatikan. Kegagalan memahami akan diartikan tidak dicintai. Sebaliknya, para wanita harus memahami bahwa suami itu tidak bisa ‘multi tasking’ atau melakukan banyak hal pada waktu yang sama. Pria adalah makluk ‘single focus’ dan tidak bagus menangani ‘detail’ atau mengurusi hal hal kecil. Mengharapkan pria bisa berpikir seperti wanita adalah sumber kecewa.

Menurut hasil survey, 90 persen pria gagal memahami wanita dan wanita gagal memahami pria. Untuk itulah kita semua harus mau belajar memahi pasangan. Disinilah penting sekali adanya ‘sekilah pernikahan’ bagi generasi melienial supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama dari seniornya. Benarlah apa kata Pendeta Myles Munroe, penyebab utama perceraian bukan iblis tetapi ‘gagal memahami’. Saatnya belajar saling mengampuni, saling memahami dan selamat berbahagia.






423 views

Recent Posts

See All

BELAJAR DARI LAYANG LAYANG

Kelihatannya sederhana namun kaya dengan makna. Hampir semua orang tahu mainan layang layang, namun tidak semua pernah memainkannya. Waktu masih kecil, itulah mainan unggulan di musim kemarau. Saya se

AKU KUAT KARENA FIRMAN

Seorang janda dengan tujuh anak mengakui betapa besar berkat yang ia terima lewat pelayanan Radio Suara Kasih Papua. "Hidup ini terasa sangat berat setelah suami saya meninggal dunia. Saya tidak tahu

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com