• Paulus Wiratno

WASPADA UCAPAN KEBENCIAN

”Tutur kata orang baik membuat hidup bahagia, tetapi di balik kata-kata orang jahat tersembunyi hati yang keji. Kebencian menimbulkan pertengkaran; cinta kasih mengampuni semua kesalahan."


Orang tuli juga bisa mendengar "ucapan kebencian" yang keluar dari mulut seseorang. Jika Anda mau tahu hati seseorang, dengarkankah kalimat kalimat yang terucap dari mulutnya. Hati manusia adalah mata air kehidupan. Jika mata air keruh, mulut jadi gaduh. Orang seperti ini sangat berbahaya jika menjadi pemimpin. Seperti yang dikatakan oleh sang Nabi, tutur kata orang baik mendatangkan kedamaian. Tutur kata orang jahat menimbulkan provikasi dan melahirkan keresahan.


Seorang pemimpin tidak boleh membiarkan kebencian sebagai motivator dalam memimpin. Pemimpin yang menyimpan luka akab melukai banyak orang. Apapun yang dikerjakan hanya untuk menutupi atau menyembuhkan luka, bukan untuk mensejahterakan sesama.


Raja Saul adalah contoh pemimpin yang memimpin dengan modal wajah tampan tetapi hati kelam. Sakit hatinya menjadi 'bensin' gerak geriknya. Selama memerintah sebagai raja, waktunya habis untuk mengejar orang yang telah dianggap melukai hatinya. Jika tidak ada pemulihan hati, ia akan mati tanpa hasil kerja yang bisa dinikmati. Kasihan....


Memimpin rakyat tidak cukup hanya dengan penampilan, surat pengangkatan, sumpah jabatan atau banyaknya dukungan. Ikuti saja jejak nabi Soleman, waktu ditawari kekayaan dan kedudukan, beliau lebih memilih mendapat kebijaksanaan. Pemimpin yang bijak tidak akan mengumbar kebencian atau menciderai kepercayaan. Pemimpin yang bijak akan membawa kesejahteraan umat yang beraneka ragam status sosial dan asal usulnya.


Bebaskan dirimu dari segala kepahitan. Buang segala bentuk geram dan kemarahan. Jangan ada dusta diantara kita. Kosongkan hati dari niat menyalahgunakan jabatan untuk kepentingan ego. Damailah dengan diri sendiri, dengan Tuhan dan dengan sesama. Nikmati tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh Tuhan. Hiduo ini singkat, mari kita semua mati terhormat.




0 views

LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com