LC Intan II. Gang IV. no 1. Denpasar-Bali 80239

081337495094

©2018 by Paulus Wiratno. Proudly created with Wix.com

  • Paulus Wiratno

HUKUMAN UNTUK KETIDAKTAATAN

Setiap kejahatan selalu melahirkan hukuman. Hukuman dari Tuhan tidak pernah pandang bulu. Bukan hanya umat berdosa yang akan menerima hukuman, pendeta yang menodai mesbah Tuhan juga akan kena. Dalam konteks kitab Maleakhi, kecerobohan para imam dalam menjalankan tugas benar benar dianggap tidak menghormati Tuhan. Dan ini bukan sekedar laporan dari ketua umum atau hoax yang beredar. Allah sendiri yang melihat, menyaksikan adanya pencemaran dalam memberikan korban bakaran.

 

Allah menuntut pertobatan untuk menghindari hukuman. Melalui nabi Maleakhi, Allah bersabda "Maka sekarang, kepada kamulah tertuju perintah ini, hai para imam! Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan”.


Saya tidak mau menjadi hamba Tuhan yang dikutuk atau terkutuk gara gara pelayanan.Yang namanya kutuk selalu menyengsarakan. dalam hal tidak menghormati Tuhan melalui pelayanan ada tiga wilayah kehidupan yang akan dikutuk oleh Tuhan. Pertama, diri kita sendiri akan menerima kutuk. "Sesungguhnya, Aku akan mematahkan lenganmu dan akan melemparkan kotoran ke mukamu, yakni kotoran korban dari hari-hari rayamu, dan orang akan menyeret kamu ke kotoran itu”.  Lengan patah artinya menjadi cacat seumur hidup. Padahal tangan adalah bagian dari anggota tubuh paling kreatif dan produktif. Lengan dipatahkan maka produktifitas dimatikan. Muka dilempar kotoran artinya dipermalukan. Reputasi hancur, kredibilitas terhempas dan integritas sampai diujung batas. Habis sudah riwayat kita, jika tidak bertobat. 


Yang kedua, Tuhan akan mengubah berkat menjadi kutuk. “...dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.” Dan yang ketiga ini benar benar tragis, karena anak cucu kita akan kena getahnya, padahal mereka tidak melakukan dosanya. Dalam terjemahan the Messege ditulis "Yes, and the curse will extend to your children...' 


#lifelessons #growing #plants

6 views